Click Here

Followers

BLOG

Alert (14) Announcment (15) Blogger (8) Cerita Lawak (25) events (2) Fakta Number (17) Girls (4) Gosip (2) Huhu (6) Info (23) Internet n komputer (14) Kids (3) On Cinta (12) Pengetahuan Am (12) Renungan (59) Solat (7) Tips (16)

Benda Sejarah Mesir Ditemukan Kembali


Ilustrasi


KAIRO – Kementrian Peninggalan Purbakala Mesir telah menemukan kembali beberapa harta karun nasional yang hilang dari Musium Mesir ketika terjadi kerusuhan menurunkan Hosni Mubarak.

Harta karun yang meliputi patung Raja Tutankhamun dan benda-benda peninggalan dari era Firaun Akhenaten hilang saat penjarang mendobrak masuk ke musium saat unjuk rasa yang terjadi di sekitar musium di pusat Kairo.

Zahi Hawass, yang baru-baru ini diangkat menjadi menteri negara urusan benda purbakala, mengatakan bahwa telah ditemukan beberapa benda termasuk patung Hati Scarab dan patung kecil Ushabti.

Bagian peti mati dari Kerajaan Modern 3.000 tahun lalu juga ditemukan di luar musium.

"Kami menemukan dua dari delapan artefak yang hilang di luar musium antara gedung pemerintahan yang terbakar dan toko suvenir. Kami akan meneruskan pencarian dan menemukan sisanya,” ungkap Hawass seperti dikutip Reuters, Selasa (15/2/2011).

Artefak yang masih hilang meliputi patung istri Akhenaten, Nefertiti yang sedang menyembah, sebuah patung batu kecil penulis dari Amarna dan patung kayu yang dilapisi emas tubuh dan bagian atas tubuh Tutankhamun.(ahm)

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...